amz

Sunday 7 July 2013

Software untuk Disain Elektronik


Software untuk Disain Elektronik


Pengantar Desain Software Elektronik Gratis
Jika Anda seorang pelajar atau hobi elektronik yang tidak perlu memiliki software desain rumit elektronik untuk membantu Anda dalam pekerjaan desain Anda, sangat disarankan bahwa Anda mempertimbangkan bebas berikut elektronik software desain yang dapat didownload. Ada beberapa software yang memungkinkan Anda untuk menggunakan selama 30 hari atau lebih sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Namun, jika Anda bisa hidup dengan fitur terbatas, Anda bisa mendapatkan download gratis tanpa harus membayar untuk perangkat lunak fitur lengkap.
Diantara beberapa software desain elektronik gratis yang dapat didownload adalah PCB perangkat lunak bebas, perangkat lunak analisis rangkaian dan elektromagnetik perangkat lunak analisis struktur planar.
EAGLE PCB Layout Editor Software
The EAGLE Layout Editor merupakan perangkat lunak bebas PCB (lihat kondisi) yang mudah digunakan, namun alat yang ampuh untuk merancang papan sirkuit tercetak (PCB). The EAGLE kepanjangan Mudah Berlaku Graphical Layout Editor. Ini memiliki 3 modul utama yang terdiri dari editor skematik, layout editor dan autorouter.
ExpressPCB PCB Layout Editor Software
Perangkat lunak desain ExpressPCB skematik dan PCB sangat cepat untuk belajar dan benar-benar gratis! Download versi berfungsi penuh di sini.
5Spice Sirkuit Analog Perangkat Lunak Simulasi
5Spice adalah perangkat lunak antarmuka pengguna grafis yang menawarkan kemudahan menggunakan simulasi rangkaian analog untuk desainer sirkuit elektronik. 5Spice menyediakan kemampuan analisis yang dibutuhkan oleh desainer sirkuit yang berpengalaman, namun tetap mudah digunakan. Fokusnya adalah pada analisis sirkuit analog dan desain sirkuit pada tingkat komponen.
FiltersCAD Perangkat Lunak Untuk Merancang Filter
FiltersCAD adalah sebuah PC yang komprehensif berdasarkan sintesis filter paket perangkat lunak yang menyediakan sintesis sirkuit aktif.
Anda Mengkonversi PC Ke dalam Suatu Oscilloscope Dual Trace
Mengkonversi PC Anda menjadi dual-trace osiloskop penyimpanan dan spektrum analyzer. Menggunakan kartu suara komputer Anda sebagai konverter analog-ke-digital, menyajikan gelombang real-time atau spektrum sinyal – yang bisa musik, pidato, atau output dari sebuah sirkuit elektronik.
Spice III simulator dari Linear Teknologi
SwitcherCAD ™ III adalah kinerja Spice tinggi III simulator, menangkap skematik dan penampil gelombang dengan perangkat tambahan dan model untuk meringankan simulasi regulator switching.

Soneta Lite EM analisis Perangkat Lunak

Soneta Lite adalah versi fitur terbatas bebas dari profesional Sonnet’s Sonnet Suite, yang menyediakan analisis elektromagnetik yang mampu menganalisis didominasi desain planar frekuensi tinggi dari 1 MHz melalui beberapa THz. PCB jejak crosstalk analisis, jaringan Microstrip pencocokan dan diskontinuitas sirkuit microwave antara lain juga dapat dianalisis.

Multilayer Air Core Induktor Kalkulator

Hitung jumlah putaran, resistensi DC dan data induktor lain berdasarkan data input dari induktansi, diameter koil batin, koil dan mengukur panjang kawat.
Kode Warna Resistor Interpreter
Masukkan kode warna dari resistor dan Anda akan mendapatkan hambatannya. Kalkulator ini juga menunjukkan nilai-nilai setara dengan 2 resistor yang dihubungkan secara paralel dan seri.
Sumber: diterjemahkan dari http://www.electronics-project-design.com/free-electronics-design-software.html via http://translate.google.com/#
review :
Eagle
Eagle mempunyai versi gratis yaitu versi EAGLE Light Edition. Berikut saya kutip dari webnya “The EAGLE Light Edition can be used for free!”. Akan tetapi ada keterbatasannya, yaitu:
Keterbatasan:
- Terbatas untuk disain board 100 x 80 mm (4 x 3.2 inches).
- Dapat mengunakan disain untuk dua layer (top dan bottom).
- Schemaatic editor hanya dapat dibuat satu sheet.
Batasan diatas adalah batasan jika dibandingkan dengan edisi profesionalnya. Ada batasan tambahan jika yang harus diperhatikan jika untuk kepentingan komersian. Berikut kutipannya.
Versi Freeware dari EAGLE Light menambahkan keterbatasan ini:
* Dukungan hanya tersedia melalui email atau melalui forum kami (tidak ada faks atau dukungan telepon).
* penggunakan terbatas pada aplikasi non-profit atau keperluan evaluasi.  <===***
*** perlu diperhatikan jika anda benar-benar ingin menggunakan software ini untuk keperluan komersil.
Definisi non-profit cukup sederhana dan mudah:
* Jika Anda peroleh (atau menyimpan) uang dengan menggunakan versi Freeware dari EAGLE Cahaya, Anda harus mendaftarkannya.
Hal ini memungkinkan siapa saja yang ingin menggunakan EAGLE Light untuk proyek-proyek pribadi mereka hobi untuk melakukannya. Juga siswa dapat menggunakan versi ini untuk setiap proyek-proyek pendidikan. Hal ini bahkan ok untuk menggunakan versi ini dalam lingkungan komersial, selama Anda hanya ingin mengevaluasi program tersebut. Segera setelah Anda mulai menggunakannya untuk proyek-proyek komersial, Anda harus mendaftarkannya. Sebagai perkecualian untuk ini, produsen papan dapat menggunakan Freeware Light Edition untuk menghasilkan data produksi (misalnya file Gerber) dari file papan mereka terima dari pengguna EAGLE.
jelasnya kunjungi http://www.cadsoft.de/freeware.htm
expresspcb
Software ini benar-benar gratis dan perusahaan ini hanya sebagai penyedia jasa pembuatan pcb. Akan tetapi saya tidak yakin jika format yang software ini gunakan dapa kompatibel dengan perusahaan jasa cetak pcb di Indonesia seperti multikarya atau spectra atau Anda akan memesan ke luar negeri pada panyedia software ini.
Tambahan
freepcb
FreePCB adalah gratis, open-source PCB editor untuk Microsoft Windows, dirilis di bawah GNU General Public License. Hal ini dirancang agar mudah dipelajari dan mudah digunakan, namun mampu kerja profesional berkualitas. Software ini tidak memiliki built-in autorouter, tetapi dapat menggunakan autorouter FreeRoute berbasis web di www.freerouting.net. Beberapa fitur-fiturnya adalah:
  • 1 to 16 copper layers
  • Board size up to 60 inches by 60 inches
  • Uses English or metric units (i.e. mils or mm) for most functions.
  • Footprint libraries courtesy of Ivex Design International, PCB Matrix and the IPC.
  • Copper fill areas
  • Footprint Wizard and Footprint Editor for creating or modifying footprints
  • Imports and exports PADS-PCB netlists
  • Exports extended Gerber files (RS274X) and Excellon drill files
  • Design rule checker
  • Autosave
Layout untuk sebuah PCB kecil ditunjukkan pada gambar di bawah.


berikut ada artikerl menarik dari freePCB.com http://www.freepcb.com/gallery/cnc.htm

0 komentar:

Post a Comment